CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 08 Maret 2012

Ulangan Harian I (ekonomi,remedial)

Pengertian Ekonomi Makro&Ekonomi Mikro 


Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi,stabilitas hargatenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.



Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikroekonomi) adalah cabang dari ilmu ekonomiyang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaanatas barang dan jasa, yang akan menentukan harga; dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya.[1][2] Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama (ceteris paribus).
Kebalikan dari ekonomi mikro ialah ekonomi makro, yang membahas aktivitas ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomiinflasipengangguran, berbagai kebijakan perekonomian yang berhubungan, serta dampak atas beragam tindakan pemerintah (misalnya perubahan tingkat pajak) terhadap hal-hal tersebut.


Masalah Negara Berkembang dan Negara Maju .
   Negara maju     : 
  • Tingginya tingkat imigrasi
  • kekurangan tenaga kerja
  • Keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA)

    Negara Berkembang     : 
  • Tingginya angka kelahiran
  • Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) rendah
  • Kekurangan modal
  • Persebaran penduduk tidak merata


Lingkaran Setan Kemiskinan 


Pendapatan rendah >> Pendidikan rendah >> Kualitas SDM rendah >> Banyak SDA yang belum di kelola >> Modal rendah >> Pendapatan rendah
Pendapatan yang rendah mengakibatkan pendidikan rendah, hal ini mungkin dikarenakan  biaya sekolah yang semakin kesini semakin mahal terutama untuk tingkatan SMA dan PT. Mungkin untuk tingkatan SD SMP bisa dibilang gratis, tapi sebenarnya masyarakat masih juga perlu membayar uang pembangunan, uang seragam dan lain lain. Jadi, lebih tepat kalau dikatakan bahwasanya pendidikan untuk tingkatan SD SMP belum sepenuhnya gratis *walaupun katanya gratis*
Pendidikan rendah mengakibatkan kualitas SDM rendah. Orang yang tidak berpendidikan mesti beda dengan yang berpendidikan. Baik itu dalam hal kepintaran, sopan santun, etika dan sebagainya. Karena pendidikannya yang rendah, sebagian besar masyarakat memiliki kualitas yang rendah pula. Mereka kurang dalam hal pengetahuan, dalam hal ketrampilan dan juga pengalaman.
Kualitas SDM yang rendah berakibat pada banyaknya SDA yang belum di kelola. Karena kurangnya pengetahuan masyarakat untuk megelola apa yang ada di sekitarnya itu, maka banyak sumber daya yang akhirnya terbengkalai.
Banyaknya SDA yang belum dikelola menyebabkan modal rendah. Iya, sumber daya – sumber daya yang terbengkalai itu seharusnya bisa mendatangkan keuntungan. Akan tetapi pada kenyataannya tidak.
Kemudian pendapatan rendah mengakibatkan banyaknya SDA yang belum dikelola. Ini dikarenakan tidak cukupnya biaya untuk mengolahnya.
SDA yang belum di kelola ini menyebabkan pendidikan rendah. Dengan mengelola sumber daya diharapkan masyarakat bisa ikut belajar dari situ. Masyarakat bisa lebih meningkatkan ketrampilan mereka. Tapi nyatanya tidak.
Pendidikan rendah mengakibatkan modal rendah. Dengan modal pendidikan yang terbatas, masyarakat tidak akan bisa mengubah sesuatu dari yang kurang berharga menjadi sesuatu yang lebih berharga. Mereka pasti akan seperti itu – itu saja.
Modal rendah mengakibatkan kualitas SDM rendah. Karena kurangnya modal (pengetahuan, teknologi, peralatan dll) masyarakat akan terhambat untuk berinovasi.

Gambar Lingkaran Setan Kemiskinan 

         
     Sumber: 



0 komentar:

Posting Komentar